SCHOOL HEALTH PROGRAM BERSAMA SD VITA SCHOOL UNTUK MEWUJUDKAN GENERASI CEMERLANG BEBAS GIGI BERLUBANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Latar belakang. Program Training of Trainer (ToT) pada guru dan orang tua murid untuk kegiatan sikat gigi pagi dan malam 21 hari mengajarkan anak-anak dan orang dewasa tentang manfaat kebersihan mulut yang baik dan menunjukkan kepada mereka cara menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride untuk mewujudkan Indonesia bebas karies di tahun 2030 Metode. Kegiatan ini mengunakan sistem digital / online melalui aplikasi zoom. Pengetahuan peserta tentang Kesehatan gigi diukur melalui kuesioner pre test dan post test.Hasil. Hasil analisis statistik menggunakan paired sample t-test untuk membandingkan nilai rata-rata pre test dan post test peserta ToT menunjukkan nilai signifikansi (p=0.000) Diskusi. Terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat pengetahuan menjaga kesehatan gigi dan mulut pada guru pengajar dan orang tua murid di Vita School sebelum diberi materi DHE dan sesudah diberi DHE melalui “Training of Trainer” Kesimpulan. Kegiatan ToT bermanfaat meningkatkan pengetahuan peserta tentang kesehatan gigi
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Kementrian Kesehatan Indonesia, 2018. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta
Fejerskov O, Nyvad B, Kidd, E., 2015. Dental Caries. The Disease and Its Clinical Management, 3rd edition. Oxford : Blackwell Munksgaard Ltd.
Ali RA, Wowor VNS, Mintjelungan CN., Februari 2016, Efektivitas Dental Healt Education Disertai Demostrasi Cara Menyikat Gigi Terhadap Tingkat Gigi dan Mulut Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Farmasi Unsrat Vol 5 no 1, hal. 164-172
Asep AS., 2013, Menyikat Gigi Tindakan Utama Untuk Kesehatan Gigi. Jurnal Skala Husada. vol 10 no 2, hal. 194-199
Sukanto, 2012, Takaran dan Kriteria Pasta Gigi yang Tepat Untuk Digunakan Pada Anak Usia Dini. Stomatognatic Unej, Vol 9 no 2
Prasetyowati S. Purwaningsih E, Susanto J., Februari 2018, Cara Menyikat Gigi Teknik Kombinasi Terhadap Plak Indeks. Junal Kesehatan Gigi Vol 6 no 1, hal. 5-11
Annisa A, Ahmad I., Maret 2018, Mekanisme Fluor Sebagai Kontrol Karies Pada gigi Anak. Indonesian Journal of Pediatric, 1(1), hal. 63-69
Domen K, Sterbenk P, Artnik B., 2016, Fluoride : A Review of Use and Effects on Health. Mater Sociomed, (28), hal. 133-137.
Byeon S, Lee M, Bae T., 2016, The Effect of Different Fluoride Application Methods on the Remineralization of Initial Carious Lesions. Restor Dent Endod, (41), hal. 121-129
Polat G, Akgun O, Simsek B., 2016, Fluoride Containing Anti Caries pH Sensitive Release System and Its effect on Streptococcus mutans. Red. Rep. Fluoride, (49): 458-466.
Kumar B, Pawar P, Iyer A, Das P., 2017, Fluorides and Dental Health : A Review. J Res Adv Dent, 6:3, hal. 119-126
Souza K, Miranda C, Almeida IC., 2013, Effect of Acidulated Phospate Fluoride-Gel and Foam-on Enamel Caries Like Lesion of Primary Teeth : An In Vitro Study. J. Res. Dent, (1), hal. 317-327.
Nurdyastuti T, Penawan A, Pahlawi LAI., 2018, Training of Trainer (Pelatihan Untuk Pelatih) Bagi Kader Pemberdayaan Ekonomi Desa (KPED). Wawasan Nyata, 2(2), hal. 125-129
Kemenkes RI., 2012. Buku Panduan Pelatihan Kader Keehatan Gigi Dan Mulut Di Masyarakat. Jakarta.
Habibah SS, Danan D., Januari 2019, Pengaruh Sikat Gigi Setiap Hari (21hari) Dengan Pasta Gigi Yang Mengandung Fluor Menggunakantehnik Roll Terhadap Plakskor Di Sdn Keramat 3 Desa Sungai Tabuk Keramat. Jurnal Skala Kesehatan Politeknik Kesehatan Banjarmasin Vol.10, No.1, hal. 35-40