MEMBANGUN HEALTH-PRENEURSHIP BAGI MAHASISWA KEDOKTERAN DAN KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS HANG TUAH SURABAYA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengenalan kewirausahaan diharapkan akan mengubah pola pikir mahasiswa untuk bercita-cita menjadi wirausahawan, bukan hanya berambisi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan pemahaman ini yang harus dimulai ketika masih mahasiswa. Pendidikan kewirausahaan (entrepreneurship) sangat bermanfaat dalam memberikan bekal sebelum mahasiswa fakultas kedokteran dan fakultas kedokteran gigi nantinya terjun menjadi seorang dokter atau dokter gigi. Program pengembangan kewirausahaan ini dapat dilaksanakan dalam bentuk workshop “Membangun health-preneurship”. Metode pelaksanaan pelatihan membangun health-preneurship melalui 3 cara, yaitu a. pemberian materi dan diskusi dengan pakar; b. kunjungan dan diskusi dengan pelaku health-preneurship; c. paparan peserta terkait business model canvas. Hasil dari kegiatan membangun health-preneurship terdapat perbedaan yang berarti antara hasil pre-test dan post-test peserta. Adanya perbedaan hasil ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang diperoleh oleh peserta
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Bernadette Aderi Puspaningrum, 2021. Globalisasi: Pengertian dan Sejarah Awal ,https://internasional.kompas.com/read/2021/10/16/170000670/globalisasi-pengertian-dan-sejarah-awal?page=all.
Cegliński, Paweł, 2017. The Concept of Competitive Advantages. Logic, Sources and Durability. Journal of Positive Management. Vol. 7. 57-70. 10.12775/JPM.2016.016.
Dewa Nyoman Wirawan, 2015. Meningkatkan Daya Saing Tenaga Kesehatan dalam Era Masyarakat ASEAN Public Health and Preventive Medicine Archive (PHPMA) 2015, Volume 3, Number 1: 1-2.
Esti Dwi Rinayanti, Linda Herawati Gunawan, 2015. Kajian Pembelajaran Kewirausahaan di Perguruan Tinggi Jurnal Enterpreneur dan Enterpreneurship Volume 4 No 12. https://journal.uc.ac.id/index.php/JEE/article/view/250
Jumari, 2017. Berpikir Kreatif dan Inovatif Dalam Membangun Jiwa Entrepreneur. istithmar: Jurnal Pengembangan Ekonomi Islam. 1. 10.30762/itr.v1i1.938.
Mekari, 2018. Jurnal Enterpreneur https://www.jurnal.id/blog/2018-memahami-tentang-bisnis-model-kanvas/
Natalia Sari Pujiastuti, 2020. Strategi Pendidikan Kewirausahaan Perguruan Tinggi (Studi empiris di Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang) Jurnal Dinamika Sosial Budaya Vol 22 No1
Nurjan, Syarifan, 2018. Pengembangan Berpikir Kreatif. Al-asasiyya: Journal of Basic Education. 3. 105. 10.24269/ajbe.v3i1.1302. Global bussiness marketing https://bbs.binus.ac.id/gbm/2019/02/26/competitive-advantage/
Pauceanu, Alexandrina Maria, 2016. Business Plan. 10.1016/B978-0-12-811288-5.00004-X.
Pratiwi, S.D. & Mulyadi, Hanifah & Hendrayati, Heny, 2020. Analysis of business model canvas to increase competitiveness. 10.1201/9780429295348-197.
Prawiranegara B. L., Nuryanti S., Hari Mulyadi, 2018. Pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha, Jurnal Strategic Volume 18 No.1 Page 1 - 4 M. R. Universitas Pendidikan Indonesia
Susilaningsih, 2015. Pendidikan kewirausahaan di Perguruan Tinggi: Pentingkah untuk semua profesi? Jurnal Economia. 11. 1. 10.21831/economia.v11i1.7748.
Visnu, Jodi. 2020. Healthreneurship: Mengapa Ilmu Kesehatan Masyarakat Membutuhkan Seorang Entrepreneur?. Damianus: Journal of Medicine. 19. 80-90. 10.25170/djm.v19i1.780
Oke.News http://news.okezone.com/read/2013/09/12/373/865107/duh-hanya-3-sarjana-yang-jadi-pengusahaoke
Merdeka.com http://www.merdeka.com/uang/4-sebab-jumlah-wirausaha-indonesia-sulit-bertumbuh.html