SOSIALISASI DIGITAL MARKETING PADA IBU PKK (PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA) DESA LOPANG

Main Article Content

Muhammad Dzikri Abadi Abadi
Ita Shobakhul Lama’ah
Nur Layliya
Mohammad Fathoni

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Di sisi lain, perkembangan teknologi informasi semakin pesat. Hal tersebut cukup disayangkan, melihat pengelola UMKM belum memanfaatkan fenomena tersebut untuk pengembangan usaha mereka. hal tersebut disebabkan kurangnya informasi dan sosialaisasi terhadap pengelola UMKM yang masih menggunakan cara tradisional. Sosialisasi ini diikuti oleh 25 (Duapuluh Lima) orang para pelaku UMKM yang berada di desa Lopang Kecamatan Kembangbahu, Lamongan. Sasaran dalam kegiatan ini adalah para ibu-ibu PKK yang memiliki UMKM di desa tersebut. Para pelaku UMKM tersebut masih kurang inovatif dalam mengembangkan usahanya. Saat ini mereka belum memanfaatkan digital marketing sebagai sarana pengembangan pemasaran mereka. Dengan sosialisasi ini diharapkan mampu membentuk usaha kecil yang produktif dan mengikuti perkembangan zaman. Para peserta sosialisasi sangat antusias dengan materi dan pemaparan yang disampaikan.Kondisi ini diharapkan dapat memotivasi para pelaku UMKM mempraktekkan ilmu yang didapat, sehingga usahanya semakin berkembang dan dapat bersaing pada pasar yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Abadi, M. D. A., Lama’ah, I. S., Layliya, N., & Fathoni, M. (2023). SOSIALISASI DIGITAL MARKETING PADA IBU PKK (PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA) DESA LOPANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pesisir, 2(1), 20–23. https://doi.org/10.30649/jpmp.v2i1.92
Section
Artikel

References

Christofer, O. (2019). Peranan Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Minahasa (Suatu Studi di Dinas Koperasi dan UKM). 3(3), 1–10. https://www.mendeley.com/catalogue/25e2bc60-b66f-3477-b989-a5086179d1fa/

Efendi, E., Ati, N. D., Zulmida, E. S., Chofifah, C. N., Astuti, F. A., Amara, R. D., & Sonia, S. F. (2021). Pentingnya Digital Marketing dalam Memajukan UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(3), undefined-undefined. https://doi.org/10.33474/JP2M.V2I3.13462

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., & Siregar, L. D. (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.29259/JSCS.V2I1.29

Purwaningdyah, S. W. S., Sumadhinata, Y. E., & Kuswara, G. B. (2020). Pentingnya Pelatihan Peningkatan Pengetahuan Marketing Online Di Era Pandemi Covid 19 Bagi UMKM Di Wilayah Jawa Barat. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3. https://doi.org/10.37695/PKMCSR.V3I0.951

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/REP.V4I2.1952