PENGELOLAAN KEUANGAN DIGITAL BAGI PELAKU USAHA MANTAN PEKERJA MIGRAN DI KOTA PROBOLINGGO
Main Article Content
Abstract
Permasalahan pelaku usaha umumnya di Kota Probolinggo, khususnya dari komunitas peserta UMKM Permodalan Nasional Madani adalah belum memahami pengelolaan keuangan secara digital dan konsep digital marketing. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah metode pelatihan sekaligus praktek menggunakan aplikasi yang dibutuhkan untuk pengelolaan keuangan secara digital dan juga pelatihan melakukan konsep digital marketing. Hasil pengabdian merupakan kepahaman akan pentingnya pengelolaan keuangan dan dimudahkannya pengelolaan keuangan secara digital serta peserta secara umum memiliki kemampuan menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan secara digital. Hasil berikutnya sebetulnya kemampuan peserta dalam melakukan konsep digital marketing khususnya mendatangkan traffic ke akun media sosial dan akun marketplace mereka, serta membuat akun WA Bisnis untuk komunikasi dan membuat katalog produk.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ambar. (2019). 6 Pemanfaatan Media Sosial untuk Promosi Wisata. https://pakarkomunikasi.com/pemanfaatan-media-sosial-untuk-promosi-wisata
Bungin, B. (2015). Komunikasi Pariwisata Pemasaran Dan Brand Destinasi. Kencana Prenada Media Group.
Chonitsa, A., Maskur Musa, M., Raniasati, R., Febriyanti, A., Chorida Adila, A., Handoyo, T., Riski Amalia, A., Tiara, E., Priyatun, I., Salamah, S., Hermawan Adinugraha, H., Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., Pekalongan, I., Penyuluhan Islam, B., Bahasa Arab, P., & Syariah, E. (2022). Pelatihan Google Scholar Mahasiswa Cendekia di Pondok Pesantren Alif Lam Mim. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 14–17. https://doi.org/10.32764/ABDIMAS_IF.V3I1.2406
Rudianto, R., & Siregar, S. V. (2012). Kualitas Laporan Keuangan UMKM serta Prospek Implementasi SAK ETAP. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 9(1), 1–21. http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Jurnal+Akuntansi+dan+Keuangan+Indonesia#2
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian (1st ed.). Andi.