PENGELOLAAN KEUANGAN DIGITAL BAGI PELAKU USAHA MANTAN PEKERJA MIGRAN DI KOTA PROBOLINGGO

Main Article Content

Dian Ferriswara
Arie Ambarwati

Abstract

Permasalahan pelaku usaha umumnya di Kota Probolinggo, khususnya dari komunitas peserta UMKM Permodalan Nasional Madani adalah belum memahami pengelolaan keuangan secara digital dan konsep digital marketing. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah metode pelatihan sekaligus praktek menggunakan aplikasi yang dibutuhkan untuk pengelolaan keuangan secara digital dan juga pelatihan melakukan konsep digital marketing. Hasil pengabdian merupakan kepahaman akan pentingnya pengelolaan keuangan dan dimudahkannya pengelolaan keuangan secara digital serta peserta secara umum memiliki kemampuan menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan secara digital. Hasil berikutnya sebetulnya kemampuan peserta dalam melakukan konsep digital marketing khususnya mendatangkan traffic ke akun media sosial dan akun marketplace mereka, serta membuat akun WA Bisnis untuk komunikasi dan membuat katalog produk.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ferriswara, D., & Ambarwati, A. (2022). PENGELOLAAN KEUANGAN DIGITAL BAGI PELAKU USAHA MANTAN PEKERJA MIGRAN DI KOTA PROBOLINGGO. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pesisir, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.30649/jpmp.v1i2.86
Section
Artikel

References

Ambar. (2019). 6 Pemanfaatan Media Sosial untuk Promosi Wisata. https://pakarkomunikasi.com/pemanfaatan-media-sosial-untuk-promosi-wisata

Bungin, B. (2015). Komunikasi Pariwisata Pemasaran Dan Brand Destinasi. Kencana Prenada Media Group.

Chonitsa, A., Maskur Musa, M., Raniasati, R., Febriyanti, A., Chorida Adila, A., Handoyo, T., Riski Amalia, A., Tiara, E., Priyatun, I., Salamah, S., Hermawan Adinugraha, H., Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., Pekalongan, I., Penyuluhan Islam, B., Bahasa Arab, P., & Syariah, E. (2022). Pelatihan Google Scholar Mahasiswa Cendekia di Pondok Pesantren Alif Lam Mim. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 14–17. https://doi.org/10.32764/ABDIMAS_IF.V3I1.2406

Rudianto, R., & Siregar, S. V. (2012). Kualitas Laporan Keuangan UMKM serta Prospek Implementasi SAK ETAP. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 9(1), 1–21. http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Jurnal+Akuntansi+dan+Keuangan+Indonesia#2

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian (1st ed.). Andi.