PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA KECIL MENENGAH KERUPUK IKAN MELALUI INOVASI PENGEMASAN DAN ONLINE MARKETING DI DESA KALANGANYAR, KECAMATAN SEDATI, KABUPATEN SIDOARJO

Main Article Content

Dewi Casmiwati
Lunariana Lubis
Sri Hartati
Rini Fatmawati

Abstract

Yang menjadi mitra dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini ialah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kerupuk ikan di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Yang menjadi masalah mitra adalah (1) Pengemasan yang menggunkan plastik biasa dan belum adanya  merek;  (2) Pemasaran yang masih mengandalkan pesanan dan dititipkan ke toko. Solusi yang ditawarkan adalah (1). Mengenalkan pengemasan yang menarik, higienis dan mencatumkan merek, serta (2). melatih pemasaran secara online. Tujuannya UMKM bisa melakukan pengemasan lebih menarik dan ber-merek serta online marketing yang bisa menjangkau wilayah di luar Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan ialah melalui sosialisasi, pelatihan dan pendampingan ke UMKM tentang pengemasan dan online marketing.  Evaluasi dilakukan dengan menilai kemampuan UMKM dalam pengemasandan online marketing. Hasilnya adalah UMKM Kerupuk Ikan sudah memiliki pengemasan produk dan PIRT. Mereka juga bisa melakukan online marketing, mulai dari menawarkan produknya, menjawab pertanyaan konsumen sampai melakukan transaksi. Dampaknya ialah pendapatan UMKM meningkat meskipun kecil. Adapun yang menjadi faktor pendorong kegiatan Penmas ialah UMKM Kerupuk Ikan mau mengikuti setiap program dan melanjutkan hasil pelatihan, sementara penghambarnya mereka belum terbiasa menggunakan media sosial secara rutin. Oleh karena itu ke depan, perlu adanya pendampingan secara berlanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Casmiwati, D., Lubis, L., Hartati, S., & Fatmawati, R. (2022). PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA KECIL MENENGAH KERUPUK IKAN MELALUI INOVASI PENGEMASAN DAN ONLINE MARKETING DI DESA KALANGANYAR, KECAMATAN SEDATI, KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pesisir, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.30649/jpmp.v1i1.85
Section
Artikel

References

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Alih. Jakarta: Prenhalindo.

Casmiwati, Dewi. 2018. Evaluasi Program Pengabdian pada Masyarakat UHT di Kelurahan Kedung Cowek, Bulak, Surabaya, Laporan Penmas. FISIP-UHT.

Chaffet, Dave dan Fiona Ellis, Chadwick. 2016. Digital Marketing. Harlow: Pearson. United Kingdom.

Dedi Purwana. 2017. Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani JPMM E-ISSN: 2580-4332.

Laporan Bakti Sosial UHT 2012, 2013, 2014.

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. 2015. Monografi Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati.

RPJMD Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedarti, Kabupaten Sidoarjo 2021

Sochib. 2018. Buku Ajar Pengantar Akuntansi. Yogyakarta.